Penjumlahan, Perkalian dan Pembagian Angka Penting (AP) Revisi!!

Ini merupakan edisi revisi, beberapa komentar ada yang kurang faham dan minta ditambah contoh2nya. semoga bisa membantu dan teruslah belajar…

CARANYA MENENTUKAN BANYAKNYA ANGKA PENTING

Pahami Rahasia berikut ini: (angka penting saya tandai dengan garis bawah,anda tinggal hitung ada berapa angkanya,OKEH!!)

1. Selain angka nol adalah angka penting.

___misal 31,56 mm : ada 4 AP

2. Jika MENGIKUTI/DI ANTARA angka bukan nol, termasuk  angka penting

Contoh: 

  1. 4,003   ada 4 AP   (disini ada 2 angka nol mengikuti angka 4 jadi termasuk AP)
  2. 3,05   ada 3 AP   (disini ada 1 angka nol mengikuti angka 3 jadi termasuk AP)
  3. 0,0025  ada 2 AP. Disini nol tidak mengikuti angka bukan nol jadi tidak termasuk angka penting
  4. 0,03  ada 1 AP. Disini nol tidak mengikuti angka bukan nol jadi tidak termasuk angka penting
  5. 0,05000   ada 4 AP. Disini 3 angka nol yang mengikuti angka 5,juadi termasuk angka penting
  6. 0,070   ada 2 AP. Disini nol yang mengikuti angka 7, termasuk angka penting

3.    Semua angka sebelum orde (Pada notasi ilmiah) termasuk angka penting.

Contoh :

  1. 2,5 x 105 ada  2 AP.
  2. 2,50 x 103 ada 3 AP, yakni 2, 5 dan 0 (disini nol mengikuti angka 5)

Bagaimana, Mudahkan?

Kalau udah mahir,mari kita tambah lagi ilmunya…

ATURAN PERKALIAN DAN PEMBAGIAN DENGAN ANGKA PENTING :

Hasil akhir dari perkalian atau pembagian harus memiliki jumlah angka penting paling sedikit yang digunakan dalam perkalian atau pembagian tersebut…

Contoh perkalian :

Contoh 1 :

2,55     ada 3 AP

2,5 x   ada  2 AP.   Jadi hasilnya harus ditulis dalam 2 angka penting

Hasil perkalian awal adalah 6,375. Kita lihat ada 4 AP, hasil yang harus dilaporkan adalah harus ada 2 AP, jadi hasil ini harus dibulatkan menjadi 6,4 (2 AP)

Contoh 2:

33,564   ada 5 AP

1,23  x    ada 3 AP  Jadi hasilnya harus ditulis dalam 3 angka penting

Hasil perkalian awal adalah 41,28273. Kita lihat ada 7 AP, hasil yang harus dilaporkan cukup 3 AP saja, jadi hasil ini harus dibulatkan menjadi 41,3 (3 AP)

Contoh pembagian :

Contoh 1 :

1,0 : 3,0 = …. ?  (angka penting paling sedikit ada 2 AP)

Kalo anda pakai kalkulator maka hasilnya adalah 0,3333333333…

harus dibulatkan hingga hanya ada dua angka penting :

1,0 : 3,0 = 0,33 (dua angka  penting, yakni 3 dan 3)

 

Ketentuan penjumlahan dan pengurangan angka penting :

Dalam penjumlahan atau pengurangan, hasilnya tidak boleh lebih akurat dari angka yang paling tidak akurat/teliti. Banyak atau sedikitnya angka penting dalam hasil penjumlahan atau pengurangan gak ngaruh…

Contoh 1 :

3,7 – 0,57 = … ?  (nilai 3,7 paling tidak akurat/teliti daripada 0,57)

Kalau pakai kalkulator, hasilnya adalah 3,13. Hasil ini lebih akurat dari 3,7 karenanya harus dibulatkan menjadi : 3,1

3,7 – 0,57 = 3,1

Contoh 2 :

10,24 + 32,451 = …… ?  (10,24 paling tidak akurat/teliti daripada 32,451)

Kalau pakai kalkulator, hasilnya adalah 42,691. Hasil ini lebih akurat dari 10,24 karenanya harus dibulatkan menjadi : 42,69

10,24 + 32,451 = 42,69

Contoh 3 :

10,24 + 32,457 + 2,6 = …. ?  (2,6 paling tidak akurat dibanding nilai lainnya)

Kalau dijumlahkan maka hasilnya adalah 45,297. Hasil ini lebih akurat dari 2,6 karenanya harus dibulatkan menjadi : 45,3

10,24  +  32,457  + 2,6   =  45

 

Semoga bisa membantu,ingat berlatih terus…

About these ads

29 responses to “Penjumlahan, Perkalian dan Pembagian Angka Penting (AP) Revisi!!

  1. sangat membantuu….. tengkyu

  2. MAKASEEHH!!!!!!

  3. Makasih banget ya! Jadi ngerti. Semoga Allah bales pake pahala ya! Di berbagai buku pd gajelas soalnya

  4. jadi intinya angka penting itu adalah semua angka selain nol, dan angka nol yang brada sebelum angka penting.

    contoh :
    4,0000000000 –> ada 1 angka penting yaiti 4
    0,0000000001 –> ada 11 angka penting…

    begitu bukan..?

    hehehe..

  5. @herman

    0,0000000001 –> ada 1 angka penting saja bukan 11

  6. Wah, thanks ya buat yg bikin blog ini.. Gw lebih donk mbaca artkel ini dripd buku gw.. Thx ya..

    (PR-q selesai).. Wkwkwkwk…

  7. mksih a….
    klo bisa contoh2nya diperbanyak,dalam berbagai bentuk soal

  8. dalam aturan penjumlahan dan pengurangan , bagaimana cara menentukan angka yang lebih tidak akurat/teliti

  9. blogger yang baca tolol

    cacad gak guna

  10. kalo, hasil penjumkahan 5,068 –> jadi 5,07 apa 5,1 o..?

  11. nice post bikin gw jd ngerti buat ulangan heheh :D

  12. Masalah perkalian ,pembagian,penjumlahan,pengurangan angka penting itu semua ada aturan nya.ga sembrangan kyk tulisan diatas.baca lgi aj buku nya. Kesalahan setitik rusak susu sebelangga.terimakasih

  13. @friends: terima kasih masukkannya. tolong tunjukkan letak kesalahan/sembarangannya. supaya kami bisa memperbaikinya. ditunggu ya….

  14. masih gangerti kalau ada soal begini nih
    misalnya : 7,500 x 10 pangkat 3 dibagi 5,0 x 10 pangkat 1
    itu gimana selesainnnya?

  15. thanks banget atas materinya! materinya sangaaat bermanfaat! kalo sama guru mah ga ngerti. merci!

  16. Misalya: 10,00408 berapa angka penting??

  17. makasi atas bantuannya mas :)

  18. pada contoh 3 tentang pengurangan dan penjumlahan seharusnya 45 bukan 45,3 karena jumlah angka penting dari angka yang paling tidak teliti ada 2 jadi hasilnya harus 2 a.p

    @mas Ridwan: terima kasih koreksiannya

  19. Tanya dong.. Kalo misalnya 2 x 13,55 . Kan hasilnya 27,10 . Brdasarkan aturan angka penting bgmana?? Apa ttap mngikuti angka penting paling kecil?? sementara angka penting trkecilnya hanya memiliki satu angka penting..

  20. Helpful, thanks. Gbu

  21. thank you, bro’ semoga saya bisa lebih menguasai materi yg kamu bagi, sekali lagi thankx

  22. Makasih ya….
    ..
    ,
    .
    .

  23. fira maria julfa

    Maksihhh bgt !!! Jd ngerti dehhh :) ƗƗɐƗƗɐƗƗɐƗƗɐƗƗɐ

  24. bayu aji saputra

    makasih walaupun aku gak mudeng

  25. Nhafata Ayu Shirena Rizky

    gak ngerti sama soal yang pembagian,,, :D

  26. ini sangat membantu, gua awalnya kagak ngerti.,, skrang udah paham . Thanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s