TEKANAN HIDROSTATIS (Ph)

Pada postingan saya sebelumnya, saya sudah menjelaskan tentang konsep tekanan dan massa jenis. Kedua konsep tersebut sangat penting untuk di pahami sebagai prasyat anda mempelajari konsep fluida berikutnya.

Sekarang kita akan mengamati bagaimana sifat air ketika sedang diam.

Kita mulai….Suatu fluida dapat dianggap tersusun atas lapisan-lapisan air dan setiap lapisan memberi tekanan pada lapisan bawahnya. Besar tekanan itu bergantung pada kedalaman, sehingga lapisan fluida paling  bawah akan memiliki tekanan paling besar. ( lihat analogi tumpukan manusia, tentunya orang yang di posisi terbawah akan merasakan tekanan paling besar).. Setiap bagian di dalam fluida statis akan mendapat tekanan zar cair yang hanya disebabkan beratnya air diamnya (hidrostatis)  disebut Tekanan Hidrostatis “Ph”. Contoh nyatanya ketika sebuah bola yang di masukkan ke dalam air, ketika kita lepaskan akan mendapat gaya ke atas.

TEK HIDROSBesarnya tekanan hidrostatis tidak bergantung pada bentuk bejana dan jumlah zat cair dalam bejana, tetapi tergantung pada massa jenis zat cair, percepatan gravitasi bumi dan kedalamannya. Secara matematis tekanan hidrostatis disuatu titik (misal didasar balok) diturunkan dari konsep tekanan. Berat air kita rumuskan

  w = m.g = ρ V g = ρA h g

maka

rumuhPh

Ket : Ph = Tekanan Hidrostatis (N/m2) ; h =kedalaman/tinggi diukur dari permukaan fluida (m) ; g = percepatan gravitasi (m/s2)

Jika  tekanan udara luar (Patm) mempengaruhi tekanan hidrostatis maka tekanan total/ Mutlak pada suatu titik adalah

berdasarkan rumus di atas tekanan hidrostatis di suatu titik dalam fluida diam tergantung pada kedalaman titik tersebut, bukan pada bentuk wadahnya oleh karena itu semua titik akan memiliki  tekanan hidrostatis yang sama. Fenomena ini disebut sebagai Hukum Utama Hidrostatis.

Contoh Soal: Pada kedalaman 1000 m di bawah permukaan laut, Tekanan mutlaknya adalah…

contoh p

Sedangkan Nilai tekanan yang diukur oleh alat ukur pengukur tekanan disebut tekanan gauge. Adapun tekanan yang sesungguhnya disebut tekanan mutlak. Besarnya tekanan mutlak dirumuskan

Tekanan mutlak = Tekanan gauge + tekanan atmosfer

 

14 thoughts on “TEKANAN HIDROSTATIS (Ph)

  1. Pingback: HYDROSTATIC PRESSURE « SERBA-SERBI DUNIAKU

  2. Bila sebuah bak diisi penuh dengan air.jika massa jenis air 1 g/cm3 dan percepatan gravitasinya 10 m/s2,tekanan hidrostatis ?
    A.9000 Pa
    B.4000 Pa
    C.900 Pa
    D.400 Pa

  3. trimakasih sudah bagi-bagi ilmu terhadap masyarakat…
    tetapi saya minta untuk diberi contoh soal yang lebih banyak……

  4. Saya ingin bertanya,kalau tekanan hidrostatis yang diberikan oleh kolom zat cair.massa jenis 1200 kg m3
    P=0,9 atm(jadikan pascal),berapa tinggi kolom zat cair.atau h=..?

  5. Pingback: FLUIDA (PENDAHULUAN) | Pembelajaran Fisika

Leave a comment