TEKANAN HIDROSTATIS (Ph)

Pada postingan saya selanjutnya, saya sudah menjelaskan tentang konsep tekanan dan massa jenis. KEdua konsep tersebut sangat penting untuk di pahami sebagai prasyat anda mempelajari konsep fluida berikutnya. dengan bantuan kedua konsep tersebut, akan terungkap beberapa fenomena-fenomena alam yang selama ini mungkin belum kita ketahui rahasianya. so.. kita lanjutkan ceritanya yuk!

Begini deh,. sekarang kita akan mengamati bagaimana sifat air ketika sedang diam. Diamnya air dapat kita ambil ilmu dengan mempelajari sifat-sifatnya. Begitu  juga ketika bergeraknya… pokoknya seru ceritanya…

Kita mulai….Suatu fluida dapat dianggap tersusun atas lapisan-lapisan air dan setiap lapisan memberi tekanan pada lapisan bawahnya. Besar tekanan itu bergantung pada kedalaman, makin dalam letak suatu bagian fluida semakin besar tekanan pada bagian itu( lihat analogi tumpukan manusia, tentunya orang yang di posisi terbawah akan merasakan tekanan paling besar).. Setiap bagian di dalam fluida statis akan mendapat tekanan zar cair yang disebabkan adanya gaya hidrostatis  disebut Tekanan Hidrostatis “Ph”. Contoh nyatanya ketika sebuah bola yang di masukkan ke dalam air, ketika kita lepaskan akan mendapat gaya ke atas.

Besarnya tekanan hidrostatis tidak bergantung pada bentuk bejana dan jumlah zat cair dalam bejana, tetapi tergantung pada massa jenis zat cair, percepatan gravitasi bumi dan kedalamannya. Secara matematis tekanan hidrostatis disuatu titik (misal didasar balok) diturunkan dari konsep tekanan.

                 ingat!  w = m.g = ρ V g = ρA h g

maka

Ket : Ph = Tekanan Hidrostatis (N/m2) ; h =kedalaman/tinggi diukur dari permukaan fluida (m) ; g = percepatan gravitasi (m/s2)

Jika  tekanan udara luar (Patm) mempengaruhi tekanan hidrostatis maka tekanan total pada suatu titik adalah

berdasarkan rumus diatas tekanan hidrostatis di suatu titik dalam fluida diam tergantung pada kedalaman titik tersebut, bukan pada bentuk wadahnya oleh karena itu semua titik akan memiliki  tekanan hidrostatis yang sama. Fenomena ini disebut sebagai Hukum Utama Hidrostatis.


About these ads

12 responses to “TEKANAN HIDROSTATIS (Ph)

  1. thanks banget nih.. alamat’y bermanfaat

  2. sungguh sangat membantu

  3. tekanan hidrostatis sangat membingungkan

  4. Pingback: HYDROSTATIC PRESSURE « SERBA-SERBI DUNIAKU

  5. Bila sebuah bak diisi penuh dengan air.jika massa jenis air 1 g/cm3 dan percepatan gravitasinya 10 m/s2,tekanan hidrostatis ?
    A.9000 Pa
    B.4000 Pa
    C.900 Pa
    D.400 Pa

  6. Gak lengkap,yg lengap dong,kn bisa buat belajar jugaa

  7. kasih contoh soal tentang gaya hidrostatika

  8. Sebutkan dan jelaskan 2 besaran yang memengaruhi nilai tekanan hidroststis ?

  9. bagai mana mencari h=kedalaman/tinggi pada tekanan zat cair ( tekanan hidrotatis)

  10. trimakasih sudah bagi-bagi ilmu terhadap masyarakat…
    tetapi saya minta untuk diberi contoh soal yang lebih banyak……

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s