Kenapa Ada Angka Penting?

Bagaimana kabarnya? Baik bukan? Setelah kita mempelajari  tentang besaran dan satuan saatnya kita mempejari satu hal yang juga tak kalah pentingnya. Apalagi dalam melakukan pengukuran atau eksperimen, kita pasti dihadapkan dengan angka-angka yang didapat dari pengukuran atau perhitungan. Kita mulai yuk!

Ilustrasi .Seorang pelari menempuh jarak ¼ lingkaran yang jari-jarinya 20 meter. Kalau kita hitung panjang lintasan yang ditempuh adalah seperempatnya dari keliling linkaran yaitu ¼ 2 πr= ¼.2.3,141592654.20 = 31,41592654.

Nah, jika lihat angka tersebut apakah kita harus melaporkan semua angka-angka tersebut sebagai panjang lintasan yang ditempuh? Lalu alat ukur apakah yang bisa mengukur panjang sebegitu detailnya? Dengan salah satu contoh kasus inilah perlunya aturan dalam melaporkan angka hasil perhitungan atau pengukuran. Angka yang dilaporkan inilah yang kita sebut dengan Angka Penting (AP).

Dari angka tersebut, angka 31 merupakan angka yang pasti kita laporkan sedangkan angka  41592654 adalah angka yang masih kita ragukan. Namun, baik angka pasti maupun angka yang diragukan merupakan angka penting. Dengan demikian, kita dapat menentukan berapa angka yang harus dilaporkan, dua angka atau tiga angka saja dibelakang koma yang harus kita laporkan/kita tulisa hasilnya. Di sinilah perlunya kita memahami angka penting.

Baiklah kita lanjutkan ceritanya. Kita akan memulai dengan cara menentukan berapa angka penting yang dimiliki klub angka berikut… kayak motor aja nih pake club.

  1. 23456  terdapat  5 AP
  2. 2,345   terdapat 4AP
  3. 2,034 terdapat 4 AP
  4. 0,034 terdapat 2 AP
  5. 2,30×10-3 terdapat 3 AP
  6. 23,40 terdapat 4 AP
  7. 2000 terdapat 4 AP

INGa! inga! intinya semua angka adalah angka penting dimana angka nol termasuk angka penting  jika mengikuti angka bukan nol.

gitu deh rahasianya…

baca juga tentang cara penjumlahan, perkailan dan pembagian dengan menggunakan angka penting. disini!

1 thought on “Kenapa Ada Angka Penting?

  1. Pingback: Materi Fiska (Update) « Zhuldyn's Blog

Leave a comment