Besaran turunan

Besaran turunan adalah besaran yang dapat diturunkan atau didefinisikan dari besaran pokok. Satuan besaran turunan disesuaikan dengan satuan besaran pokoknya. Salah satu contoh besaran turunan yang sederhana ialah luas. Luas merupakan hasil kali dua besaran panjang, yaitu panjang dan lebar. Oleh karena itu, luas merupakan turunan dari besaran panjang.

_____Luas = panjang x lebar
_________= besaran panjang x besaran panjang
Satuan luas = meter x meter
_________= meter persegi (m2)

Besaran turunan yang lain misalnya volume. Volume merupakan kombinasi tiga besaran panjang, yaitu panjang, lebar, dan tinggi. Volume juga merupakan turunan dari besaran panjang. Adapun massa jenis merupakan kombinasi besaran massa dan besaran volume. Selain itu, massa jenis merupakan turunan dari besaran pokok massa dan panjang.

nah… dengan memperhitungkan nilai besaran turunan ini, kita dapat  mengetahui keadaan benda denga lebih pasti dan jelas. coba kalau saya sebutkan..ada BOX/Kotak bessa………r sekali. apakah anda sudah bisa membayangkannya? sudah yakin tahu besarnya?  maka dari itu dengn memperhatikan besaran turunan ini, minimalnya bisa kita bayangkan seberapa besarnya, misalnya kotak itu tinggnya berapa meter….., panjangnya, juga lebarnya berapa. Dengan begitu kita katakan saja berapa volume kotak itu.

Beberapa besaran turunan, dapat kita lihat pada tabel di bawah ini.

Klik untuk memperbesar gambar…Ini merupakan bab awal yang harus dipahami, karena pada bab-bab selajutnya, SEPERTI saat membahas gerak maka  kita akan lebih jelas mengetahui gerak benda jika mengetahui berapa kecepatannya, energi, geraknya,massa bendanya dan dan lain sebagainya.  Dengan demikian semua besaran  dan satuan  sangat diperlukan untuk memperjelas fenomena-fenomena fisika di alam ini.

Namun satu tips dari saya, dengan banyaknya latihan soal dengan sendirinya kita akan hafal dari simbol, rumus dan satuan dari besaran turunan ini.

o.. ya.. trik memahami/menghapal simbol-simbol fisika dapat dilihat di sini

be succes….

About these ads

54 responses to “Besaran turunan

  1. Pingback: Besaran Dan Satuan | Pembelajaran Fisika

  2. makasih, ini sangat membantu.
    =)

  3. kok tabel nya kecil banget sih. padahal kan isi dari tabel itu yang di perluin

    @ tinggal di klik saja untuk memperbesar.antisipasi loding lama kalu gambarnya besar2.
    terima kasih dah berkunjung mas.

  4. MAKASIH INFO NYA BERGUNA BANGET

  5. Terima kasih atas infonya sangat membantu tugas saya,, :)

  6. sangat membantu, tetapi kurang jelas tulisan nya.. !!

    @Nandha: Untuk tabel klik aja untuk memperjelas/memperbesar. antisifasi load berta di blog ini
    trima kasih….

  7. knapa dimensinya juga ga sekalian di tulis ????
    thanks
    @ rizki, insya allah dalam postingan berikutnya…terima kasih apresiasinya..

  8. kok gk da penyelesaiannya dia perlu penyelesainya

  9. thanks
    pembahasannya okey banget…..

  10. gomapta ^^
    makasih atas gambarnya, lengkap bnaget :)

  11. Mas kok dikit sih contoh xa gak memuaskan

  12. mkasih iaa tgas nyaa jdii slesai dngan cepat

  13. tolong bikin 50 besaran turunan dengan satuan, rumus dan dimensinya dalam bentuk tabel.
    topik tersebut akan dibahas oleh SMA
    please….

  14. masalahnya sy disuruh cari 150 besaran ._.v guru sy awesome banget lah itu -_- makasih infonya ^^

    • Begini saja, YANG PERTAMA: selain besaran pokok itu termasuk kedalam besaran turunan,YANG KEDUA: lihat satuannya: besaran pokok itu satuannya tunggal, seperti panjang itu dalam meter, tapi kecepatan itu satuannya m/s; terdiri dua satuan: meter dan sekon. nah.. cobalah mulai mencari dari bab gerak dulu; cari besar, an turunannya seperti; kecepatan, percepatan, gaya, momentum, impuls, usaha, energi, energi kinetik, energi potensial, energi mekanik dll. semoga membantu….

  15. Ampun Pelajaran FISIKA Paling Pusing …
    Makasih ya, Ini Sangat Membantu Tugas Saya .. :)

  16. puasssss………

  17. terima kasih… dengan ini PR saya beres daaahhh :D

  18. thakss banggggeeeeeeeeeeeeet eaaaaaaaaaaaaa,,,,,,,,,,,,,,,:):)

  19. Terbantu dah.. Mksh^

  20. ni yg q cri….

  21. Saya Suka. he

  22. buat nmbah ilmu, spya bemanfaat…

  23. Terima kasih sudah share informasinya…. salam kenal…

  24. Gomawo~

    Tapi tetep aja yg namanya fisika itu susah,juga gx di sebutin lambang,sama dimensinya!

  25. ini yang gue cari
    thanks ;)

  26. Thx infonya, tapi saya kok masih pusing ya?-_-

  27. erisla norma hidayah

    bagussss (y)

  28. makasih eaa thank’ss bget

  29. ezza isfi tsany

    kok beda ??? bingung

  30. knp g da gambarx sich padahal membantu loh?

  31. Tlg dhonk besaran turunan dan besaran pokok d tabelkan…

  32. tulisan kecil tapi klik aj untuk memperbesar

  33. trimakasih karna telah membantu tugas saya thakssssssssss

  34. emmp padahal ini membantu bgt
    tpi aku di suruh buat 20 contoh bsaran trunan dan di lengkapi dngn satuannya dlm sistem SI
    Bisa gk di bantu

  35. makasih y, sebaiknya pake tujuan,masalah,hipotesis,dan kesimpulan agar lebih mudah di mengerti

  36. Kalau asal besaran gaya dari mana?
    Contoh misal : asal kecepatan kan panjng x waktu.
    Tpi, kl gaya dari mana? ??

  37. Kalau asal besaran gaya dari mana?
    Contoh misal : asal kecepatan kan panjng x waktu.
    Tpi, kl gaya dari mana? ??

    Tlng djwb yh bgi yg tw!!

  38. terima kasih telah membantu tugas saya :)
    tapi kenapa ya ga ada percepatan dan dimensinya juga ga ada :)
    lebih bagus lagi kalo lengkap :D

  39. maria.ravela.suarliak

    terima kasih karena telah membantu saya dalam pembelajara.harus ada dimensi dan penyelesaian dri tiap besara supaya bisa di mengerti…

  40. makasih ya,….
    q dah terbantu

  41. teriam kasih ya??
    berkat ini aku jadi bisa matematika

  42. mksih ,,tpi gmbrnya gak jlas pdhal udah q klik tpi msih aja gak jelas :-(

  43. terima kasih atas info yang sederhan,mudah mudahan dengan ini saya lebih bisa memahami apa itu besaran turunan dan pokok…………
    =D :) :) :) :) ;)

  44. aku sangat puas bgt ,,, ;) :)

  45. thanks ya…:-)
    mampir juga ya diblog ku…:-)

  46. tia fitri amalia

    thank

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s