Gaya Sentuh dan tak sentuh

Fenomena: coba amati lingkungan sekitar, jatuhnya buah mangga dari pohonnya, siapakah yang menariknya bergerak ke bawah? Ups!! untung pake keranjang. Benar sekali, mangga jatuh dikarenakan adanya gaya gravitasi bumi yang bekerja pada benda tersebut. Begitu juga kalau kita jatuh dari pohon mangga, (mudah2 jangan ya…) bumi menarik kita tanpa menyentuh tubuh kita. mengapa demikian ya..?

hmm, menurut kajian para ilmuwan fisika, berpindahnya/ bergeraknya  benda dapat disebabkan oleh gaya yang menyentuhnya atau gaya yang sama sekali tidak menyentuh benda.

Contoh gaya sentuh adalah ketika kalian mendorong sebuah meja. Tentunya tangan kalian bersentuhan langsung dengan meja tersebut. Sedangkan gaya tak sentuh contohnya adalah gaya gravitasi,gaya  listrik, dan  gaya magnet dapat mengerahkan gaya pada benda tanpa menyentuh bendanya. Gravitasi  ada antara dua massa benda ( seperti buah mangga dengan Bumi), gaya listrik ada antara dua muatan listrik dan gaya magnetik ada antara dua magnet. Ketiga jenis gaya ini memiliki kekuatan yang berbeda .

Gaya Listrik

Gaya magnet

to be continued…..

About these ads

19 responses to “Gaya Sentuh dan tak sentuh

  1. tambahin yng lain dongg…..
    yng cepat ea..perluuu nniii…

  2. wah bagus juga nih…ada maling ketangkep hansip….gara2 magnet..bagus juga kang aan dariku Hari Cahyanta, S.PD

  3. jadi pengertian gaya sentuh dan tak sentuh apa?
    @vanny: perbedaannya ada di kata sentuh dan tak sentuh. kalo gayasentuh berarti gaya tersebut bersentuhan langsung/ada kontak fisik dengan benda yang akan didorong/ditariknya.sedangkan gaya tak sentuh, berarti gaya tersebut tidak bersentuhan langsung dengan bendanya

  4. Contoh gYa tAk SenTuh nYA ???
    @ contohnya itu de gaya gravitasi, gaya magnet, gaya listrik. ketika benda jatuh berarti bumi menarik benda tsb. nah..apakah menariknya bumi ke benda itu dengan menyentuhnya? tidak kan?

  5. contoh gaya tak sentuh nya dong

  6. Evita Mutiara Anzani

    cara mencari besar kecil ny suatu gaya

  7. gaya ‘a cuma sdikit gaya magnet sma gaya listrik ajj kan masih ada yg banyak …….

  8. gak lengkap nih…. gue nyari pengertian gaya sentuh&tak sentuh ehh gaada. contohnya juga gakjelas. pengertiannya aja gue dpt dari fanny. HFT.:”

  9. gga adda yang lebi lengkap lagi?

  10. kok pengertian dari gaya tak sentuhnya gak ada?

  11. nama lain gaya sentuh apa ya?

  12. klo contoh dri kdua gaya trsebut ap ???

  13. ah kaga komplit aku cari pengertian, gaya sentuh dan tidak sentuh tidaka ada,, huh

  14. Apakah gaya gravitasi bulan termasuk contoh gaya tak sentuh?

  15. gaya sentuh adalah gaya yg bekrja melalui sentuhan langsng.
    gaya tx snth adlh gaya yg bkrja tnpa melalui sentuhan lngsng.
    contoh gaya lngsng:gaya tarik,dorong,tekan,gesek,pegas,otot.
    conth gaya tx lngsng : gaya gravitasi
    klu gaya magnet n listik,sy tx tw

  16. apa nama lain gaya sentuh , cepat ia

  17. aku mau tanya, gaya gaya yang besarnya sama dan arahnya berlawanan disebut ??? apa jawabannya gaya tak sentuh ???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s