Kenapa burung tidak kesetrum waktu hinggap di kabel listrik

Seperti yang kita ketahui.. tidak hanya burung yang tidak kesetrum.. tupai pun juga begitu.. tidak kesetrum walaupun mondar-mandir di kabel listrik.


Definisi kesetrum..

Suatu proses terjadinya arus listrik dari luar ke tubuh. Kesetrum terjadi karena kontak dari tubuh manusia dengan sumber tegangan yang cukup tinggi sehingga menimbulkan arus melalui otot atau rambut. Ketika kesetrum, terdapat beda potensial (arus dari potensial tinggi ke rendah) sehingga muncul tegangan listrik antara tubuh dan lingkungan kita.

nah… kenapa burung bisa ga kesetrum ?????

Aliran listrik itu dapat mengalir bila ada rangkaian tertutup. seperti percobaan Fisika yang pernah dipraktekkan pada saat smp dulu. sebuah lampu yang kita hubungkan dengan battery dapat menyala, bila ada rangkaian tertutup,yaitu bila saklarnya dihubungkan.

Itu terjadi karena terjadi aliran beda potensial dari kutub  positif ke kutub negatif dari sebuah battery. coba deh… gimana kalo kedua ujung kutubnya sama..tentunya ga mengalir khan..?

Gini,..logikanya kayak air mengalir, biasanya air mengalir karena ada perbedaan ketinggian(potensialnya) mengalir dari potensial tinggi ke rendah..nah begitu juga aliran arus listrik…

Menurut konsep Rangkaian AC

Pada saat burung hinggap di atas kabel listrik,mereka tidak akan kesetrum, karena burung tersebut hanya hinggap pada sebuah kabel dan tidak menyebabkan terjadinya perubahan pada tegangan listrik dalam kabel yang dihinggapinya. Kaki mereka tidak mnyentuh kabel netral atau Ground(pentanahan). Jadi tidak terjadi aliran beda potensial yang melewati tubuh si burung itu tadi, sehingga si burung tidak akan kesetrum.

Amati Keadaan Lampu pada gambar di bawah ini, Tidak selamanya burung selamat kalau hinggap, bise angus juga
kalau kebetulan menyentuh lebih dari 1 kabel.contoh lain adalah saat kita mengetes suatu arus yang ada di stop kontak misalkan. Lampu indicator pada test pen akan menyala begitu kita menempelkan ujung jari-jari kita.mengapa lampu indicator di test pen bisa menyala,padahal tidak ada saklarnya? Yaitu karena tubuh kita masih berhubungan dengan tanah atau Ground yang akan menyebabkan aliran arus listrik menuju tanah melalui tubuh kita.Sekarang coba tambahkan isolator yang ada di kaki anda,maka nyala lampu indicator pada test pen akan semakin redup pula. 

jika manusia menyentuh kabel listrik seperti burung yang mencengkeram kabel, maka manusia tersebut tidak akan tersetrum (tentunya dengan kaki tidak menyentuh tanah karena tanah dapat berfungsi sebagai ground sehingga terjadilah perbedaan tegangan sehingga listrik mengalir dengan penghantar tubuh manusia tersebut).

 

Makanya jika sedang ngoprek kabel atau sedang mengistrika, kaki kita selalu di beri alas agar tidak bersentuhan langsung dengan tanah…
Mau  membuktikan???? pamahami dulu ya…kecelakaan bukan tanggung jawab penulis he..he…
oh ya… saya kasih filmnya… biar lebih ngerti…

semoga bermanfaat..
About these ads

10 responses to “Kenapa burung tidak kesetrum waktu hinggap di kabel listrik

  1. hoo gitu yah, makanya burung ga kesetrum

  2. thanks infox,,,

  3. thanks bgt

  4. Saya kurang ngerti kenapa kalo orang megang kabel tiang listrik terus kaki kita kena tanah langsung bisa keseterum? Bknnya tanah itu isolator jg?

  5. Pingback: Materi Fiska (Update) « Zhuldyn's Blog

  6. Yg bener gan..saya kan cob pegang strm dgn alas kaki.

  7. Oy..saya kan mencobanya.

  8. kalo manusia bertengger di kabel sutet pasti akan mati juga karena akan jatuh….kelelahan megang kabel….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s