Bagaimana Pesawat Bisa Terbang?

Kalian tentunya  di kelas 2 telah mempelajari tentang konsep fluida. Di bagian fluida bergerak terdapat pokok bahasan mengenai asas Bernoulli. Dalam postingan ini, adalah aplikasi dari konsep Bernoulli tersebut. Nah.. jika nanti kalian ingin seperti pa Habibie, desain pesawat terbang tentunya tidak terlepas dari konsep tersebut. Ok kita mulai aja penjelasannya.

Pabrik-pabrik pesawat terbang modern sudah menggunakan mesin jet. Namun prinsip terbangnya masih menggunakan ilmu gaya udara seperti penemuan Wrigth bersaudara, yaitu Orville Wright dan Wilbur Wright. Mereka berhasil melakukan penerbangan pertama di dunia menggunakan pesawat rancangan sendiri yang diberi nama flyer, pada 1903 di Amerika Serikat.
Selain Wright bersaudara, tercatat beberapa penemu pesawat terbang yang lain, yakni Samuel F cody yang melakukan penerbangan di lapangan udara Fanborough di Inggris pada 1910. Untuk pesawat jenis lighter than air (lebih ringan dari udara) menggunakan balon udara, bahkan sudah terbang jauh sebelumnya. Balon udara panas penemuan Joseph Montgolfier dan Etiene Montgolfier asal Prancis, kali pertama terbang pada tahun 1782. Penemuan mereka kemudian disempurnakan seorang Jerman bernama Ferdinand von Zeppelin dengan memodifikasi balon berbentuk cerutu yang digunakan untuk membawa penumpang dan barang pada 1900.

2 responses to “Bagaimana Pesawat Bisa Terbang?

  1. wah…termasuk postingan tertinggi nih..hari ini..salam kenal…juga buatku..

  2. wah saya ingin menjadi seorang penemu seperti mereka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s