Untuk Guru Lulusan Tahun 2010

Pencairan Dana Tunjangan Profesi Terlambat

Pencairan dana tunjangan profesi bagi guru yang lulus 2010 untuk tahun ini dipastikan terlambat. Karena Daftar Isian Pelaksana Anggaran (DIPA) 2011 harus direvisi Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) sehingga DIPA baru diterima sekitar bulan April 2011.

“DIPA yang sebelumnya merupakan hasil dari struktur Kemendiknas yang lalu, sehingga harus direvisi,” ungkap Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar, Drs. Dedi Sutardi yang ditemui di ruang kerjanya, Jumat (27/5).

Walaupun demikian, pencairan dana tunjangan profesi ini pasti dibayarkan secara rapel untuk enam bulan. Biasanya, pencairan tunjangan profesi ini diberikan per tiga bulan sekali.

“Namun karena ada revisi DIPA oleh Kemendiknas, pencairan dana tunjangan ini akan diberikan atau ditransfer sekaligus untuk enam bulan,” tambahnya.

Dedi pun berpesan kepada para guru penerima tunjangan profesi ini agar memastikan nama dan nomor rekeningnya. Selain itu, rekening bank pun harus dalam keadaan aktif.

“Hal itu dilakukan untuk menghindari terjadinya retur atau dikembalikannya data guru penerima tunjangan profesi oleh Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) ke Dinas Pendidikan Jabar, karena ada kesalahan walaupun sedikit. Ini yang sering terjadi,” tuturnya.

Untuk merivisi atau cek dan ricek data yang diretur ini, kata Dedi, diperlukan waktu yang sangat panjang karena harus dibuka satu per satu data guru penerima tunjangan profesi ke kabupaten/kota.

Sementara KPPN, lanjutnya, hanya memberi waktu satu minggu kepada Disdik Jabar untuk merevisi data yang diretur tersebut. “Jika mengalami keterlambatan penyerahan hasil revisinya ke KPPN, uang tunjangan tersebut akan dikembalikan ke kas negara. Akibatnya, kita harus mengusulkan lagi ke KPPN dari awal,” tambahnya.

Menurut Dedi, hal seperti ini yang kurang dipahami para guru. “Mereka sering menilai kinerja kita lambat, padahal data dari mereka sendiri yang sering ada salahnya,” ujarnya.

Menurut informasi dari Direktur Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Kemendiknas dan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP), kata Dedi, berkas data guru SD dan SMP sudah 80% masuk Kemendiknas. Sementara untuk SMA dan SMK belum ada yang masuk.

“Mudah-mudahan saja, akhir bulan Mei ini SK dari Kemendiknas segera terbit, sehingga kami mempunyai waktu minimal satu bulan untuk mengurus dana tunjangan guru profesi khusus untuk dikdas dan mengusulkannya ke KPPN,” paparnya. (B.81)**

Sumber:  Galamedia

3 responses to “Untuk Guru Lulusan Tahun 2010

  1. kasian guru kalo dananya telat terus ..

    salam🙂

  2. Semoga ini kejadin pertama dan terakhir..

    Salam kenal mas bro..🙂

  3. mudah-mudahan di bulan juni ini bisa cair kang🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s