Generator dan Transformer

Sepertiyang sudah diterangkan sebelumnya, hasil penelitian  Oersted dan Faraday membawa perkembangan iptek ke penemuan  suatu Pembangkit Listrik. Generator digunakan untuk menghasilkan arus. Perangkat ini didasarkan pada pergerakan sebuah kumparan kawat dalam medan magnet, gerakan mekanis membuat fluks magnet melalui kumparan bervariasi, dan sesuai dengan hukum sebelumnya gerakan ini menghasilkan tegangan. Contoh terkecil adalah sebuah dinamo sepeda, yang terbesar adalah pembangkit listrik yang digunakan untuk memasok energi ke rumah kami, tetapi meskipun dimensi yang berbeda mereka semua generator bekerja pada prinsip yang sama: hukum Faraday-Neumann-Lenz.

Transformers adalah alat untuk mengubah nilai tegangan. Misalnya, saya tidak bisa terhubung Alat Musik organ  saya langsung ke stopkontak di dinding. Alat Musik organ saya bekerja dengan sumber 12 Volt  ​​langsung tegangan, sementara saluran listrik rumah tangga memasok 220 Volt tegangan bolak-balik. Untuk itu dibuat sambungan adaptor. Adapter ini berfungsi sebagai sebuah perangkat yang:

  1. mengubah tegangan dari 220 Volt sampai 12 Volt.
  2. membalikkan dari tegangan bolak-balik (AC) menjadi tegangan stabil (DC).

Transformer ini dinamakan sebagai transformator step-down karena perubahan tegangan dari nilai yang lebih tinggi dari 220V ke nilai yang lebih rendah 12V.

Jenis transformer step-up juga ada, misalnya orang-orang yang melewati tegangan yang dihasilkan oleh pembangkit listrik dari beberapa volt 230,000 volt. Untuk memperoleh tegangan yang lebih besar, maka diperlukan suatu tranformator step up yang mengubah tegangan menjadi lebih tinggi seperti halnya yang diinginkan untuk transmisi jarak jauh dari tenaga listrik karena dengan cara ini kehilangan energi menjadi dapat diabaikan.

Dengan demikian pasokan listrik yang lebih besar ini dapat menjangkau ke area lebih luas lagi dan bias digunakan oleh orang banyak dalam memenuhi kebutuhan hidup manusia. Rasanya kebutuhan listrik ini tidak bias pisahkan dengan aktivitas manusia selama ini. Terangnya malam, alunan music dari komputerjuga teknologi handphone mungkin tidak bias kita nikmati jika tidak ada sumbang pemikiran para ilmuwan Oersted, Faraday, Neumann dan Lenz.

Begitulah karya-karya beliau yang bias kita jadikan contoh untuk selalu memberikan manfaat bagi orang lain

“Sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang member manfaaat bagi orang lainnya ( Muhammad SAW)”

2 responses to “Generator dan Transformer

  1. _bisa gk kita membuat generator dari sebuah dinamo/motor ,,
    dan berapa lilitan kawat serta berapa besar magnet yg di perlukan utk menghasilkan tegangan 12v ..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s