Fisika Seperti Nyanyian Keroncong

Suasana saat itu, para siswa terlihat asik bersantai. Tak tampak dari mereka muka-muka tegang, tak tampak dari mata mereka yang mondar-mandir di halaman buku..sudah siapkah mereka?

Memang minggu-minggu ini para siswa sedang menjalani pekan ulangan tengah semester dan sebentar lagi ulangan fisika. sperti biasa 3 soal saya berikan dalam waktu 30 menit. Soal yang cukup mudah kalau menurut standar soal untuk anak seumuran SMA. Saya membaginya menjadi dua shift agar meminimalisir kecurangan dan menjaga kemandirian siswa. “Sungguh beruntung orang-orang tidak mau mengorbankan nilai dari Allah dengan hanya menyontek demi mengaharapkan nilai duniawi” gumamku.

Sepertinya, semangat kujujuran yang bagaikan matahari yang tertutup awan gelap. bagaimana mungkin seorang pejuang kejujuran tidak mempersiapkan ibadah belajar di hari-hari sebelumnya. sepertinya nilai hasil ulangan yang minim akan terobati dengan nilai/pahala yang telah Allah berikan bagi pelajar yang berjuang dihari-hari sebelumnya. Bukankah menuntut ilmu itu bagian dari jihad fisabilillah/ berjuang di jalan Allah. Sepertinya keyakinan seperti ini jarang sekali menjadi perhatian utama.

Ketika mengawas bagian shift kedua, di luar anak-anak terdengar nyanyian Bondan dengan lagu Ya… Sudahlah..terdengar dengar suara yang “merdu” dengan hafalan lirik lagu yang layak diberi nilai sepuluh. Di sisi lain, setelah saya periksa hasil ulangan mereka, masih banyak siswa yang tidak bisa menuliskan rumus fisika, bahkan menghapal simbol fisika saja masih jauh dari kata bisa. Baca trik menghafal lirik simbol-simbol rumus fisika!

Ya Sudahlah… seolah-olah mengobati nyanyian pilu kegagalan mereka dalam ulangan.

Ya sudahlah.. kalau begitu harus mengadakan perbaikan, tidak usah saling tuduh. Benahi diri dulu masing-masing.

Ya..Sudahlah,.. Fisika seperti Nyanyian keroncong. nyanyian yang hanya segelintir orang saja yang menyukainya..

One response to “Fisika Seperti Nyanyian Keroncong

  1. gan kasih tau donk caranya membuat blog kita dapat memutar musik kaya blonya agan ini, makasih

    kirim ke email aku ya gan ; suharrin9@gmail.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s