Awal Mula Kecelakaan Chernobyl tahun 1986

Di kelas 3, tentunya sudah dipelajari tentang pokok bahasan nuklir. Mungkin masih ingat bagaimana terjadinya reaksi fisi  dan fusi dalam membangkitkan energi nuklir. Sebagai tambahan pengetahuan tentang nuklir, ada baiknya menyimak penjelasan tentang  kecelakaan chernobyl 4 berikut dampaknya.

Awalnya para pekerja nuklir telah rutin melakukan pengawasan. Pada tanggal 25 April, sebelum shutdown rutin, awak reaktor di Chernobyl 4 mulai mempersiapkan diri untuk tes untuk menentukan berapa lama turbin akan berputar dan pasokan listrik ke pompa sirkulasi utama berikut kehilangan catu daya listrik utama. Tes ini telah dilakukan di Chernobyl tahun sebelumnya, namun daya dari turbin berlari terlalu cepat, sehingga desain baru voltage regulator itu harus diuji.

Serangkaian tindakan operator, termasuk penghentian mekanisme shutdown otomatis, didahului uji coba awal pada tanggal 26 April. Pada saat itu operator bergerak untuk menutup reaktor, reaktor itu dalam kondisi sangat tidak stabil. Sebuah keganjilan dari desain batang kendali menyebabkan lonjakan listrik dramatis karena mereka dimasukkan ke dalam reaktor.

Interaksi bahan bakar sangat panas dengan air pendingin menyebabkan bahan bakar fragmentasi bersama dengan produksi uap cepat dan peningkatan tekanan. Tekanan  yang berlebihan  tersebut menyebabkan  1000 plat penutup reaktor menjadi sebagian terpisah, pecahnya saluran bahan bakar dan kemacetan semua batang kendali  kemudian menyebar ke seluruh inti keseluruhan dan  menyebabkan ledakan dan melepaskan uap produk fisi ke atmosfer. Sekitar dua sampai tiga detik kemudian, ledakan kedua membuang fragmen dari saluran bahan bakar dan grafit panas. Ada beberapa sengketa antara para ahli tentang karakter ini ledakan kedua, tetapi kemungkinan besar disebabkan oleh produksi hidrogen dari reaksi zirconium-uap.

Hari kesepuluh setelah kecelakaan itu, beberapa 5000 ton boron, dolomit, tanah liat pasir, dan memimpin dijatuhkan ke inti pembakaran dengan helikopter dalam upaya untuk memadamkan api dan membatasi pelepasan partikel radioaktif.

Konon katanya ledakan yang membawa kehancuran yang begitu dahsyat untuk daerah sekitarnya, dirasakan sampai Inggris dan Skandinavia.

Referensi: World Nuclear Association

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s