Jurus baru UN 2011

Untuk mengurangi terjadinya praktik kecurangan dalam mengerjakan Ujian Nasional tahun 2011, Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) telah menyiapkan jurus baru.

Yakni, mengeluarkan lima tipe soal ujian untuk setiap mata pelajaran. Demikian diungkapkan Mendiknas M Nuh seusai upacara penyambutan Presiden Filipina di Istana Merdeka, Selasa (8/3).

“Untuk meningkatkan kualitas UN, yang tadinya satu kelas hanya dua macam (soal ujian), sekarang ditingkatkan menjadi lima macam. Jika satu kelas 20 orang dengan duduk 4 baris 5 lajur, kemungkinan untuk saling mencontek sangat kecil karena soalnya beda semua. Itu untuk memperkecil anak melakukan hal yang tidak jujur,” kata M Nuh.

Kemendiknas sudah menetapkan jadwal pelaksanaan UN 2011 tingkat SMP dan SMA. Pelajar SMP menempuh UN pada 25-28 April mendatang. Adapun pelajar tingkat SMA dijadwalkan lebih dahulu mengikuti UN, yakni pada 18-21 April.

Selain menyiapkan jurus baru mencegah kecurangan, M Nuh mengatakan pihaknya telah menyiapkan tiga hal lainnya untuk menjaga mutu UN tahun ini. Menurutnya, sistem keamanan di percetakan harus ditingkatkan.(sumber media Indonesia)

Seharusnya, dengan adanya peningkatan standar nilai maupun variasi soal harap juga diperhatikan dengan potensi daerah yang dimiliki. bagaimana memperoleh pendidikan yang berkualitas jika sarana dan prasarana pendidikannya masih jauh ketinggalan. Sedangkan standar disamakan untuk semua sekolah.

Boleh jadi, kebimbangan dan kegalauan selama ini dirasakan siswa sebagai efek dari masih rendahnya pelayanan pendidikan yang diperoleh. pelayanan berupa guru mata pelajaran yang kompeten, buku-buku penunjang, media pembelajaran. Jangan sampai, jika dalam suatu sekolah sudak banyak guru yang menyandang Guru Profesional tetapi sarana dan prasarana untuk mewujudkan keprofesionalan gurunya tidak mendukung. Pada akhirnya siswa juga yang menjadi korban pendidikan

One response to “Jurus baru UN 2011

  1. Seringkali maling lebih pinter dr police ….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s