Ketika Guru harus Marah

Akhir-akhir ini pemerintah sedang mengupayakan perlunya memperhatikan pembinaan karakter siswa. selama ini yang ditekankan dari aspek intelektualismenya saja, dan yang berupaya membina karakter dipercayakan pada matapelajaran agama atau PKN, padahal tiap minggunya hanya memiliki porsi jam yang sedikit dibanding jam mata pelajaran lainnya.

guru yang baik dan tidak memberi sanksi ketika anak tidak mengerjakan PR, sering kali disalahartikan. Seolah-olah tidak tidak menjadi masalah, toh gurunya nanti juga membahas persoalan itu. Rupanya nasihat aagar PR dikerjakan dainggap angin lalu saja. Seolah telinga mereka sudah akrab dengan nasehat demi nasehat yang diberikan gurunya.

beberapa kali tidak mengerjakan PR, datang selalu terlambat, ini tentunya tidak bisa dengan nasihat lagi. Maka saat itu guru harus memberikan shock terapi atau sanksi. Pemberian sanksipun haruslah manusiawi, guru harus mengetahui kemampuan siswa. Dan ini harus sama-sama disepakati dan komitmen, kalau tidak maka sanksi pun hanya isapan jempol belaka. kontan saja guru tersebut menjadi guru yang tidak tegas.

Pernah suatu saat, para siswa sebagian besar 3 kali pertemuan masuk kelas dengan terlambat. maka saya hanya berkata “selama ini saya belum pernah masuk kelas ini dengan keadaan siswa yang lengkap. Baiklah! silahkan anda belajar sendiri dengan separuh jam pelajaran hari ini! Akhirnya mereka mau mendengar dan tidak datang terlambat.

Saya sendiri merasa heran, tatakrama yang bagus  ketika mengikuti kegiatan ekstrakulikuler, seperti “maaf, ijin masuk kak!”, “ijin gabung kak”. kata-kata tersebut hampir tidak terdengar ketika bertemu dengan guru mata pelajaran. kadang siswa dengan tergesa-gesa masuk sambil menenteng jajanan. sebagian siswa masih mengunyah makanan. wah… persis sekali ketika saya mengajar di anak-anak TK al-Quran.

Harus bapak jadi guru yang Killer?? tentu saya juga tidak mau.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s