Mendiknas: Bobot UN 60%

JAKARTA-Formula nilai akhir penentu kelulusan siswa Sekolah Menengah Pertama/sederajat dan Sekolah Menengah Atas/sederajat, ditetapkan dengan menggabungkan nilai mata pelajaran ujian nasional (UN) dengan nilai sekolah.

“Nilai akhir adalah pembobotan 60% nilai UN ditambah 40% nilai sekolah. Formula ini akan digunakan pada UN Tahun Pelajaran 2010/2011 mendatang,” kata Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh, dalam jumpa pers akhir tahun di kantornya, baru-baru ini.

Menurutnya, formula UN merupakan hasil kesepakatan bersama dengan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) selaku penyelenggara UN dan rekomendari Dewan Perwakilan Rakyat. Dia mengatakan, bila nilainya memenuhi 5,5 ke atas, yang bersangkutan dinyatakan lulus.“Pada UN kali ini dikombinasikan antara ujian yang dilakukan secara nasional dengan prestasi atau capaian siswa selama sekolah di kelas I, II, dan III,” ujarnya.

Mendiknas menguraikan, sy

arat kelulusan lainnya adalah nilai setiap mata pelajaran minimal 4,00 dan tidak ada ujian ulangan. Bagi yang tidak lulus, dapat mengikuti ujian Paket C untuk SMA.

“Seorang siswa paling sedikit harus meraih nilai 4 pada UN agar dapat lulus. Dengan syarat, nilai ujian sekolahnya 8. Dengan menggabungkan kedua nilai tersebut, maka nilai akhir diperoleh 5,6 di atas nilai minimal 5,5,” jelasnya.
Bila nilai ujian sekolah 7, siswa bersangkutan belum lulus. Sementara, nilai aman UN adalah 6. Pada bagian lain Mendiknas menjelaskan, serapan anggaran Kemendiknas mencapai 89,29% per 27 Desember 2010. Anggaran Kemendiknas pada 2011 Rp 55,6 triliun.“Tidak ada pengurangan dari sisi anggaran. Sebab, alokasi bantuan operasional sekolah (BOS) dikirim ke daerah,” tambahnya.(H28-75)

sumber berita : http://suaramerdeka.com
sumber photo : http://alima-id.blogspot.com                                                                    sumber  http://www.ispi.or.id/2011

8 responses to “Mendiknas: Bobot UN 60%

  1. Kunjungan balik. Salam Kenal!

  2. wah, menarik juga yah….

  3. Yah, lebih baik begini sih,
    Habisnya saya setiap ujian nasional tidak pernahh sama sekali menyontek, tapi selalu kalah dengan teman-teman yang selalu mendapatkan jawaban terlebih dahulu…
    Ya, memang benar soal ujian bocor, bahkan teman-teman saya sempat menjawabnya sebelum ujian dan soalnya sama persis dengan yang ada di ujian…
    Tapi kalau digabung dengan nilai Rapor, paling tidak ketahuan nilai aslinya…🙂

  4. salam kenal ya kk.
    ini kunjungan pertama ane disini🙂
    semoga UN tahun ini lancar dan gak ada yang gakm lulus

  5. blog walking😀

  6. Dengan begini harapan kedepan, akan muncul generasi2 penerus yang handal dan professional.

  7. mudah mudahan perbaikan sistim demi sistim akan semakin maju untuk indonesia tercinta..

  8. salut atas posting yang sangat berarti bagi saya
    danke!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s