Ribut Masalah RPP

Beberapa hasil yang dapat diperoleh dari Pendidikan Latihan Profesi Guru (PLPG) salah satunya tentang bagai mana cara membuat RPP. walaupun  guru-guru sudah mengajar tahunan-bahkan puluhan tahun. Masih banyak guru yang mendapat kesalahan dalam membuat RPP.  Ternyata kesalahan ini bermuara pada pemahaman yang berbeda-beda dari guru maupun instruktur pada standar Proses (Permen 41 th. 2007). yang pastinya akan melahirkan model RPP yang berbeda-beda. Untuk  satu rumput eh rumpun pelajaran saja sudah beda. Seperti saya di pelajaran Fisika akan berbeda dengan RPP rekan-rekan Biologi. Untuk dijadikan acuan mari kita lihat pedoman RPP menurut Permen no.41 tahun 2007.

Pada dasarnya RPP sekarang ini dibuat berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. jadi……… RPP di sekolah yang satu tentunya akanberbeda model, metode dan pendekatan untuk sekolah yang lain. Karena hanya guru disekolahnya lah yang tahu akan kondisi lingkungannya. Bukannya salah kalau kita mendonlod RPP di internet. karena itu hanya pertimbangan maupun perbandingan bagi pembuatan RPP disekolahnya. Beberapa persepsi mengenai RPP diantaranya sebagaiberikut:

1. RPP dibuat setiap pertemuan yang ditulis secara utuh. artinya ditulis dari mulai Mata pelajaran, indikator setiap pertemuan dan seterusnya.  Persepsi yang lain: ini menghindari penulisan yang berulang-ulang, RPP dibuat per Kompetensi Dasar (KD),  Indikator ditulis untuk semua pertemuan dari KD tersebut. baru RPP ini mulai dipenggal pada langkah-langkah pembelajaran dalam beberapa pertemuan sesuai indikator yang akan dicapai. setelah itu dibuat RPP untuk kompetensi Dasar yang lainnya.

2. Tujuan Pembelajaran. ada yang ditulis dengan pernyataan yang mewakili dari indikator yang dibuat. Ada juga yang ditulis per item sesuai indikator dengan bahasa yang berbeda. Jadi  kalau indikatornya ada 5 maka tujuan pembelajarannya juga ada lima item. untuk saya setuju dengan yang pertama. karena tujuan belajar seudah tergambar dengan jelas dari indikator yang harus dicapai siswa.

3. Materi Pembelajaran. Ditulis dalam butir-butir materi pokok (sesuai Permen) ada juga yang ditulis dengan penjelasannya- tulisan maupun gambar-gambar,jadi seperti rangkuman materi.

4. Langkah-langkah Pembelajaran. Pembuatan langkah pembelajaran kadang memberikan apersepsi yang murang menarik minat siswa, tidak memperhatikan model pembelajaran dan pendekatannya. Cenderung  pada jenis metoda yang akan dipakai.

ternyata PLPG memberikan inspirasi bahwa betapa harus ekstra keras kita membuat skenario dari sebuah pertemuan agar materi yang kita sampaikan benar-benar diterima dengan baik. dan siswa pun tampak perolehan prestasi belajar dari pertemuan tersebut. jadi untuk membuat satu RPP saja memakan waktu yang tidak sedikit. memang jadi guru Profesional tidak semudah membalikan telapak tangan. walaupun anda, saya mungkin telah mendapat sertifikat Guru Prefesional.

pada intinya penilaian portofolio harus disertai dengan tanggungjawab kita sebagai guru kepada sang pencipta dihari pertanggungjawaban nanti….Wallahu A’lam

3 responses to “Ribut Masalah RPP

  1. saya RPP itu jitu buat inovasi pengajaran R.I kedepannya, lepas dari semua itu cara yayg sukar adalah membentuk mental disiplin siswa yg sudah dari lingkungan kurang disiplin. misalnya untuk mendengar guru menerangkan saja, siswa perlu di panggil namanya untuk memberikan perhatian.

    memang benar, ujung tombaknya sukses belajar itu dimulai dari skenario sang GURU…
    🙂

    • ya..mas edher. tugas guru tidak hanya menyampaikan materi. tetapi bagaimana skenasio sang guru dapat membentuk mental disiplin siswa. dan disinilah pentingnya integrasi pendidikan karakter dalam disiplin ilmu yang diajarkan.
      terima kasih mas dah comment dan berkunjung di sini.
      salam kenal

  2. RPP tidak pernah betul oleh pengawas…. salah siapa ya????

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s