TIPS Membuat SIM “Surat Ijin Mengemudi”

Bagi guru, kendaraan sangat menunjang dalam mobilitas pekerjaannya.  Sepeda motor paling tidak harus dimiliki seorang guru. apalagi mobilitasnya begitu tinggi. tapi mungkin ada juga sih yang ga setuju dengan pendapat saya.. yang jelas saya sangat salut ketika guru masih menunjukkan kesederhanaan dengan tunggan yang begitu adanya.. seperti pengalaman saya dulu kali pertama, saya pake scooter cukup lama. terasa sekali suka dukanya bersama motor warisan ayahku. karena terasa mobilitasku mulai tinggi, wa….h tungganpun harus cegera diganti… tapi…mana ada uang.. uang honor aja jauh dari cukup. alhamdulillah sang ayah dengan rela hati memberikan tambahan  dan inilah Kendaraan BMW ” Bebek Merah Warnanya” saya. 4 tahun lamanya saya mengurang sang BMW. rasanya kasihan juga… otot-ototnya dah rapuh…kemudian aku berganti dengan si bebek Supra selama 3 tahun….dan lagi maaf aku tak kuasa memaksa dirimu terus-terusan berlari… dan kini……..?????

oh…. ko ngomongin motor tunggangan… kalu punya motor harus Punya SIM nya oke… berikut tips pembuatannya..

  1. Sobat fotokopi KTP rangkap dua, kalo ada SIM lama fotocopy juga. Kemudian menuju begian pendaftaran. Setelah itu anda diminta untuk cek kesehatan ke dokter yang ditunjuk.
  2. Setelah cek kesehatan (pengalaman penulis Mbayar Rp. 15 rb), sobat serahkan ke petugas pendaftaran. Kemudian sobat disuruh menunggu untuk tes tertulis. Ngomong-ngomong uji tertulis, sobat kudu menyelesaikan 30 soal dalam waktu 20 menit. Skor yang harus diperoleh minimal sobat harus bisa menjawab 18 nomor dengan benar. Mengenai materinya.. yang pasti tentang rambu-rambu lalu lintas (donlod disini!), banyak soal mengenai cara mengendarai ketika dipersimpangan dan marka jalan Ini tersirat kalo sobat memahami UU di bagian pasal tentang dipersimpangan atau PP 43 1993. tentang Undang-undang lalu lintas donlod sini!/PP 43 1993 (donlod disini!)
  3. Setelah itu sobat menunggu hasil tes, biasanya yang dipanggil petugas dan di beri selembar kertas, itu berarti sobat tidak lulus tes tulis dan harus mengulang, na..h kalo tidak di panggil berarti sobat telah lulus tahap pertama…
  4. Kalau sudah lulus, sobat akan dipanggil dan diberi pengarahan untuk menghadapi tes praktek. Disini sobat harus mengendarai motor dalam lintasan zig zag dan lintasan angka delapan tanpa menyentuh jalan. Motor yang dipake, kata pak polisi boleh menggunakan motor sobat tapi yang lengkap, plat nopol, spion, dan knalpot standar). Kalo sobat bisa melewatinya ini berarti anda sudah lulus (seperti penulis ini… ceile…..).
  5. Setelah itu sobat dipanggil untuk melakukan pembayaran (saat itu Rp. 75.000). kemudian ada formulir yang diisi.dan terakhir anda akan melakukan sesi pemotoan… jadi kalo bikin SIM yang rapih gitu kayak penulis ni.. hehehehe….
  6. Selesai deh… selamat punya SIM baru…
Syukurlah dalam pihak kepolisian sekarang sudah ada peningkatannya dalam pengurusan SIM, penulis juga punya kerabat di bagian pengurusan SIM tapi mohon maaf beribu maaf, tak bisa membantu). terima kasih pa Polisi. Jadi kalo gagal ya… belajar dulu deh…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s