Category Archives: Kinematika Gerak

mengupas tentang masalah gerak dengan besaran-besaran fisisnya

Astronomi dan transportasi


(Bagian 2)

Ayat ke 37-40. “ dan suatu tanda (kebesaran Allah) bagi mereka adalah malam;kami tanggalkan siang dari (malam) itu, maka seketika itu mereka (berada dalam) kegelapan. Dan meatahari berjalan ditempat peredarannya. Demikianlah ketetapan (Allah) Yang Maha Perkasa, Maha Mengetahui. Dan telah Kami tetapkan tempat peredaran bagi bulan, sehingga (setelah ia sampai ke tempat peredaran yang terakhir) kembalilah ia  seperti bentuk tandan yang tua. Tidaklah mungkin bagi matahari mengejar bulan san malam pun tidak dapat mendahului siang. Masing-masing beredar pada garis edarnya.

 

Penemuan terhadap peredaran bumi diporosnya dan perputaran bumi mengelilingi atahari dianggap sebagai penemuan paling menakjubkan di dalam ilmu astronomi. Akan tetapi, Al-Qur’an telah mendahului penemuan dari ilmu ini sejak ribuan tahun sebelumnya. Ilmu pengetahuan modern tidak mampu memecahkan apa yang terkandung di dalam Al-Qur’an mengenai peredaran matahari,  kecuali pada masa-masa terakhir.

Ayat-ayat Al-Qur’an di atas telah mengumpulkan informasi-informasi yang dianggap sebagai bantuan utama terhadap ilmu pengetahuan dan bagi para ilmuwan. Ayat tersebut mengatakan bahwa sesungguhnya sistem tata surya dan benda-benda yang berada di sekitarnya bergerak di orbitnya masing-masing. Sementara matahari beredar dari jarak yang jauh dari benda-benda langit itu. jadi matahari tidak akan mengjar bulan karena ia berputar pada tempat yang telah ditetapkan baginya.

ilmuwan yang pertama kali mengatakan peredaran bumi pada porosnya adalah Copernicus pada tahun 1543, atau 1000 tahun setelah Al-Quran. Ia juga menegaskan bahwa pergerakan matahari yang tampak oleh manusia, pada hakekatnya adalah pengaruh dari perputaran bumi terhadap matahari. Gagasannya mendapat tantangan dari para pendeta yang saat itu menggap bumi sebagai pusat tata surya. Namun akhirnya mereka sampai pada kesimpulan yang telah ditetapkan Al-Qur’an sebelumnya.

Transportasi

Ayat 41: dan suatu tanda ( kebesaran Allah) bagi mereka adalah Kami angkut  mereka dalam kapal yang penuh muatan. Dan Kami ciptakan (juga) untuk mereka (angkutan lain) seperti apa yang mereka kendarai.

Ayat ini mengisaratkan tentang adanya sarana transportasi dalam kehidupan manusia. Kapal salah satunya, merupakan kajian fisika fluida. Allah mengajarkan bahwa benda yang massanya jauh lebih besar dari sebatang jarum dapat mengambang di air. Konsep ini ditemukan secara tidak sengaja (serendipity) oleh Archimedes. Sampai pada akhirnya  diperoleh kesimpulan bahwa benda akan mengapung di permukaan air hanya dicapai ketika kerapatan benda tersebut (massa jenis) kurang  dari massa jenis fluidanya. Dengan demikian, sesungguhnya kapal yang begitu besar dan berat, kerapatannya masih kurang dari kerapatan air laut. Dan raungan- ruangan yang kosong inilah digunakan sebagai sarana angkutan juga sistem pengendalian kapal.

Trik menghapal simbol-simbol dalam rumus Fisika


Memang di akui fisika masih menjadi pelajaran yang banyak tidak disukai siswa. Termasuk  mungkin Anda. Salah satunya dengan banyaknya rumus-rumus juga perhitungannya yang harus paham matematika tentunya. Ibaratnya Fisika tanpa matematika seperti memasak tanpa api. matematika adalah alat untuk memecahkan perlsoalan fisika yang ada.

kembali ke masalah rumus, susah juga memahami simbol-simbol yang ada di rumus tersebut. Saya beri trik aja yang mungkin sama guru fisika kalian tidak disampaikan. langsung aja ya.. ke Te ka pe. Gini lho sebenarnya belajar fisika ya sekaligus belajar matematika juga bahasa. Jadi, simbol dalam rumus tersebut diambil dari huruf inisial dalam bahasa Inggris atau disimbolkan dalam alphabet Yunani. Gitu aja ko….

saya beri contohnya….

Continue reading

rahasia Fisika dalam Piala Dunia


Piala Dunia baru saja berakhir…. sayang tim kesayanganku kandas di tepi jalan.. memang banyak prediksi yang meleset sehingga membuat banyak tim kesayangannya terhenti. tapi Dedi Corb katanye prediksinya…. top markotop.. (tapi aku ga yakinjuga tuh…).dan benar dugaanku, itu permainan saja, kalo ga yakin klik disini penjelasnnya! Tim Spanyolah jadi juaranya…. slamat deh….

oh ya…. ternyata ada rahasia di balik permainan sepak bola. mereka para pemain dunia sejatinya sedang berada dalam praktikum laboratorium fisika lapangan hijau. so…. gimana sih hubungannya fisika dengan sepak bola… simak ceritanya……

Sepakbola adalah permainan fisika. Dengan mengerti fisika kita bisa lebih menikmati permainan sepakbola, kita dapat mengerti mengapa lintasan bola berbentuk parabola, b Continue reading

KREATIVITAS WAKTU


Andaikan saja aset waktu setiap menitnya adalah kreativitas. kita akan melahirkan sebuah lukisan padat di atas kanvas kehidupan. Coba kita analogikan jika satu menit itu sama dengan 1 titik di atas kanvas, maka kita akan mampu membuat /menghubungkan titik-titik itu menjadi sebuah garis kehidupan yang berarti bahkan menjadi lukisan indahlah dalam kanvas kehidupan. Dengan demikian jika titik-titik itu  terhapus dalam kanvas, kita telah kehilangan saat-saat berarti dalam kehidupan dan garis-garis kehidupan kita terputus-putus.

Ibaratnya titik itu muncul hanya di beberapa tempat, kita banyak menyisakan ruang kosong yang tak tahu apa artinya. Begitupun juga dalam kehidupan kita, mungkin kita telah menulis ruang kosong di atas kanvas kehidupan dengan amalan-amalan yang tak berarti. Mungkin juga hidup kita hanya bermanfaat  untuk sedikit waktu saja dari jatah hidup yang  diberikan sang Pemberi Karunia.  Keberadaannya bagaikan sedikit titik-titik di ruang kosong kanvas kehidupan, ketiadaannya juga tak berarti apa-apa. Maka beruntunglah orang-orang yang selalu terhubung dan keberadaannya menjadi sebuah lukisan di atas kanvas kehidupan. Ingatlah khoerunnas anfauhum linnas.

Rotasi Cintaku


ketika cinta saling mengejar
momentum cinta tak kan berakhir
saat vibrasi cinta mengenai hatimu
akankah kamu merasakan resonansi cintaku
aku takkan berhenti
seperti bumi yang tak lelah tuk berputar
Seperti gravitasi, begitulah cinta menarikmu ke dalam hatiku.
Tak peduli walau E =mc^2 menimbulkan energi fusi yg mematikan, wkwkwk…
Namun ku sadar
suatu hari bumi akan lelah berputar, semua tiada yang abadi, bukankah begitu say??
semoga aku adalah cintamu yang abadi
kita bersama disurga , selamanya……

In memoriam,12 Juni 2004

Hadir mu


Saat pancaran cahaya wajahmu
Terlukis jelas di retinaku
Ku ingat itu kali pertama aku melihatmu
Seolah ku yakin kau akan jadi milikmu
Ku tahu begitu jauh jarak bumi dan langit
Dan kuyakin benda langitpun kan jatuh ke bumi
Semua itu karena gaya gravitasi bumi
Maka ku yakin
Gravitasi cintaku kan menarik kalbumu
Sampai ke dasar lubuk hatiku
Geregetan rasanya…
Kuingin mengatakan..
Aku kagum padamu