Kisi-kisi Ujian PLPG

Selama mengikuti Diklat Profesi Guru, pada Bulan September 2010 di Bumi Makmur Indah Bandung, di hari pertama para peserta di kelompokkan berdasarkan bidang studi masing-masing. Saat itu panitia memberikan sebuah tes awal yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan para peserta tentang dunia pendidikan.

Selama berlangsungnya kegiatan diklat. Tentunya tidak terlepas dari tes juga tugas-tugas yang diberikan para tentor/ dosen pemateri, kebetulan saat itu semuanya dari dosen-dosen UPI. Tugasnya ada yang mandiri dan kelompok. Berdasarkan pengalaman-pengalaman sebelumnya tugas pada diklat sekarang rupanya lebih ringan dan pembelajarannya pun tidak sampai larut malam, paling-paling aktifitas jam 10 malam sudah mulai nyantai.

Oh ya.. kita juga nanti akan di berikan semacam penilaian diri rekan sesame peserta dalam 1 kelompok kita, seperti halnya kedisiplinan, kehadiran, dan aktifitasnya. Rupanya disini butuh kearifan dan kecermatan agar tidak saling menjatuhkan.

Menjelang ujian akhir, para peserta dihadapkan pada ujian mikro teaching yang masing-masing diberi jtah waktu 40 menit utnuk mengajar. Materi yang disampaikan disepakati dalam kelompoknya. Di saat ini, diupayakan pembelajaran yang kita laksanakan sebisa mungkin harus student center, keaktifan siswa harus dominan. Untuk itu alat-alat praktikum atau media pembelajaran mutlak diperlukan agar pembelajaran tidak di dominasi dengan ceramah.

Dan terakhir, jelang ujian akhir para perserta harus bersiap untuk menghadapi salah satu penentuan kelulusan diklat ini. Pengalaman banyak yang harus mengulang untuk ujian akhir ini. Tidak seperti tahun sebelumnya, tipe soal yang diberikan adalah 100%  soal essay. Jadi bukan dalam tipe soal pilihan ganda. Tulisan yang rapi terbaca menjadi suatu yang diperhatikan selain memberikan jawaban yang tepat sasaran. Maklum… waktu yang diberikan harus disesuaikan dengan jumlah soal yang diujikan. Intinya hampi semua soal yang diujikan adalah materi-materi yang disampaikan pada tatap muka pelatihan. Itu kelau di kelas Fisika, saya tidak tahu persis untuk kelas-kelas lainnya.

Barangkali pada postingan kali ini saya akan sedikit sharing tentang kisi-kisi ujian PLPG, yang sekali lagi soal-soal yang diujikan mungkin berbeda untuk tiap rayon penyelenggara.

01.Kisi2 PLPG Profesional-Guru-PTK-KTI

02.Kisi2-PLPG-TK

03.Kisi2-PLPG-SD

04.Kisi2-PLPG-PLb

5a.Pengantar-Kisi2-PLPG-BK

About these ads

One response to “Kisi-kisi Ujian PLPG

  1. Pingback: Pelaksanaan Sertifikasi guru 2011 « Pembelajaran Fisika

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s