Membuat Magnet dari Listrik

Bagaimana ini bisa terjadi? Mungkin di kehidupan keseharian kita mengenal magnet dalam bentuk yang beraneka macam, seperti dalam mainan anak banyak sekali kita temukan. Mungkin kita pernah bertanya, dimanakah kita menemukan batuan magnet dalam bentuk yang besar?

Di masa lalu, para ilmuwan melakukan penelitian terpisah untuk listrik dan magnet. Mereka berpikir bahwa listrik dan magnet tidak akan terhubung bersama-sama dalam waktu yang lama. Sampai beberapa filsuf dan ilmuwan mulai berpikir tentang bahwa segala sesuatu di alam saling berhubungan satu dengan yang lain pada awal abad ke-19.

Berdasarkan pemikiran Oersted salah seorang ahli fisika dari Denmark melakukan beberapa percobaan untuk mengetahui hubungan antara listrik dan Magnetisme. Tapi semua eksperimen mengalami kegagalan.

Hingga suatu hari di tahun 1820 ( wuih..sudah jadul banget ya..). Dia menunjukkan percobaan di kelas, sengaja dia memposisikan kawat lurus di dekat jarum kompas yang dihubungkan dengan baterai, ternyata….jarum kompas mulai berubah. Ketika ia melihat reaksi ini, ia merasa begitu menarik dan terus menerus melakukan banyak percobaan dan akhirnya mengetahui hubungan dan dicatat dalam sejarah sebagai orang pertama yang mengetahui hubungan antara listrik dan magnet. Wah.. selamat ya pak Oersted!

 Magnetisme dari listrik solenoid
Penelitian Oersted membangkitkan menarik dari para ilmuwan lain, mereka membiarkan listrik melewati kawat yang dibengkokkan menjadi bentuk yang berbeda. Salah satu dari bentuk-bentuk ini menjadi sangat berguna nantinya, yaitu solenoid.

Penelitian menunjukkan bahwa bidang magnet dari solenoida adalah sama dengan magnet bar/batang. Kutub dapat diindikasikan sangat mudah dan jika arah listrik berubah, kedua kutub akan mengubah posisi mereka.

Gunakan tangan kanan anda untuk memegang solenoid, biarkan arah yang empat jari titik sama dengan arah listrik, arah yang ibu jari Anda menunjukan kutub Utara. Jika Anda memasukan magnet batang ke solenoid, medan magnet akan menjadi jauh lebih kuat, sehingga orang selalu menggunakan sistem ini sebagai sebuah elektromagnet.( by Ans Arkadie)

About these ads

2 responses to “Membuat Magnet dari Listrik

  1. Slm tuk tmn2 yang dah bka situs ini,sy ma nanya cr ngdownload situs ini!

  2. Salam kenal, saya ingin menawarkan blog content yang berkaitan dengan komponen listrik. JIka berkenan, silahkan hubungi saya di natalie.smith@mavens.co.uk. Terimakasih.

    Salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s