Bagaimana cara cepat belajar fisika?

Fisika masih merupakan mata pelajaran yang menakutkaan, atau dengan kata lain malas untuk dipelajar, berbagai alasan mungkin pernah anda berikan, sulit, banyak rumusnya, ngitungnya banyak, matematikaku lemah dan lain sebaginya. menurut saya kalu dalam pengamatan, fisika merupakan pelajaran yang mengasikkan. Agar cepat belajar fisika menurutku adalah:

1. Belajarlah dengan mengamati dan menganalisis yang termasuk di dalamnya

2. belajarlah untuk meniru dengan mengerjakan permasalahan yang kasusnya sama

3. kalau kedua langkah itu dengan baik dilaksanakan, mulailah cari modifikasi soal, bereksperimen dengan kasus-kasus lain.

tapi ini mungkin jawaban yang relatif , menurut anda adakah cara lain untuk belajar cepat fisika?

About these ads

20 responses to “Bagaimana cara cepat belajar fisika?

  1. belajar fisika akan lebih mudah jika dilengkapi dengan visualisasi dari permasalahannya. visualisasi dapat berbentuk animasi edukatif yang menarik sehingga lebih mudah mencernanya,, coba konten animasi edukatif di http://www.indi-smart.com ,, fiturnya lengkap dan animasinya akan membantu pelajar lebih mudah mencerna materi pelajaran :)

    • ya… begitulah, ikutilah 3 langkah tersebut secara bertahap. karena kita tahu karena bermula dari bagaimana kita mengamati ilmu, materi yang sedang di peljari. misalnya saja ketika orang menunjukkan ketika es dicapur dengan air, bagaimakah perubahan wujudnya? jadi senyata/sekonkrit mungkin kita menjelaskan sesuatu..

  2. Fisika terlalu sulit dalam pngertiannya bnyak rumus dan hukum yg hrus dhafalkan

  3. Salam kenal
    Agar fisika tidak lagi menakutkan, mampir http://pcahyono.blogspot.com/
    Salam kreatif

  4. cara supaya fisika menjadi mengasikkan gimana ???? kenapa saya sangat sulit menghafalnya nilai ujian saya juga jelek jika ulangan itu adalah ulangan fisika

    • diawali dengan memahami cerita dari peristiwa fisiknya dulu,disitu kita temukan konsep atau aturan mainnya. jadi tdk sekedar hapal rumus saja. karena itu tidak cukup. jangan lupa terus berlatih… untuk memperkuat hafalan rumusnya

  5. fisika emang sulit tapi cara yg plg sederhana untuk dpt memahaminya adalah dengan menyenangi fisika itu terlebih dahulu dan jadikan pelajaran fisika sbg suatu tantangan untukmu.

  6. saya ngerti belajar fisika kalo dijelaskan lambat.lambat .
    gimana sih biar bisa cepat paham fisika ?

  7. fisika itu kalo kita mengerti menyenangkan, tapi sekalinya gak bisa, hmm
    bkin pusing bawaanya pengen lari aja ..

  8. physic oh physic -_____- kalau bisa aku hapus tu pelajaran fisika -___- :D *that’s crazy

  9. nurdin hidayatulloh

    gak seru ahk, cuma gitu doang

    @he..he.. memang itu salah satu cra yang saya pakai

  10. Dedy Ruslan Hamdani

    perbanyak latihan soal aja, sebenarnya fisika itu asik…. kalau udah tau konsepnya, karena mencakup kejadian sehari-hari :D

  11. Em..susahnya fisika banyak rumus+simbol2+rumus turunan lg,..huff pusing…

  12. Makasi atas bantuanya,,,,,ya

  13. kalau menurut saya kita senangi dulu gurunya bru bisa menyenangi pelajarannya,,, karena sebagaimanapun mudah pelajaran itu pasti akan jadi sulit dan tidak bisa dimengerti jika seorang guru cuek dan galak. juga terapkan cara mengajar sambil bercanda dan bisa sambil tersenym dan tidak menegangkan..:)

  14. thanks for information

    kita uji kemampuan dalm belajar kita yuuk di Try Out Online :)

  15. knapa yaa…kalo mau wqtx fisica prut gue ska mulas…

  16. dulu pas lagi sekolah ..gue ska malas sama physics sekarang ma gampang atu………….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s