MGMP FISIKA SMK

Alhamdulillah, sudah sekian lamanya menanti akhirnya MGMP Fisika SMK kabupaten Majalengka telah terbentuk pada tanggal 20 Januari 2011. Lahirnya MPMP Fisika juga dibarengi oleh terbentuknya MGMP mata pelajaran lain yang termasuk dalam raung lingkup mapel IPA.

Memang Fisika di SMK bukanlah mata pelajaran utama/produktif tapi merupakan kategori mata pelajaran adaftif. oleh karena itu pembelajran fisika di SMK merupakan tantangan tersendiri karena para siswa cenderung lebih concern pada mata pelajaran produktif. Tetapi yang jadi catatan penting dalam hal ini adalah pelajaran fisika tidak bisa dipandang sebelah mata. Fisika tidak hanya pelajaran hitunggan saja yang dipelajari, lebih dari itu ternyata fisika sangat erat kaitannya dengan kosep Psikologis dan bernilai religius. Hal ini yang mungkin kadang terlupakan untuk dipahami. Mengapa demikian? karena fisika sebagai ilmu yang mempelajari gejala-gejala alam beserta sifat-sifatnya yang tidak hanya ditinjau secara hitungan matematis saja, akan tetapi fisika bisa dijelaskan melalui pendekatan religi bahkan Psikologi. MEngapa tidak kita mengambil pelajaran dari gejala alam yang sebetulnya tersirat pelajaran yang begitu berharga bagi pembentukan pribadi manusia yang kokoh, kritis, berani, nilai sosial kemsyarakatan yang tinggi. kalaulah boleh saya istilahkan dengan “Psikologi Fisika”. Sekedar contoh bisa dilihat pada konsep hukum NEwton ini.

Kembali ke MGMP Fisika, dengan gambaran di atas  maka keberadaan MGMP Fisika dipandang perlu adanya. Alhamdulillah pada tangga 16 Februari 2011 telah dilaksanakan pertemuan Pertama dengan melahirkan susunan kepengurusan  juga program kerja selama 6 bulan kedepan.

Semoga keberadaan MGMP ini dapat dirasakan manfaatnya ,baik bagi pengembangan profesi guru maupun pengembangan belajar siswa..

Akhirnya dengan segenap energi potensial yang dimiliki dapat melahirkan energi gerak/kinetik yang mampu menghasilkan usaha yang menghasilkan suatu perubahan, perubahan pada guru maupun siswa. dan patut kita sadari bahwa tekanan pada suatu bidang sedianya akan lebih kecil dengan bertambah besarnya luas permukaan. tentunya kita akan merasa sakit kalu hanya menginjak satu kerikil dibandungkan, maaf dibandingkan dengan kerikil-kerikil yang tersusun rapat. Dapat kita rumuskan Presure = Force/Area. artinya apa? tekanan hidup dapat kita minimalisir dengan sikap lebih lapang dada,. Wallahu A’lam

About these ads

2 responses to “MGMP FISIKA SMK

  1. mantaap..

  2. Salam hormat,
    Kami dari Marketing Buku bermaksud ingin menawarkan BUKU KURIKULUM 2013 SMA/MA/SMK. Jika Bapak/Ibu berminat silahkan kunjungi website kami di http://www.marketing-buku.com, kami juga menawarkan diskon 20-30% dengan pembelian dalam jumlah tertentu.

    Terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s